Indrawansyah Seorang yang memiliki kepribadian menyendiri tanpa mengetahui dunia luar dan hanya memiliki teman online saja.

Cara Membuat Kipas Angin dengan Mudah

3 min read

Cara Membuat Kipas Angin dengan Mudah

Kipas angin merupakan alat elektronik yang memberikan kesejukan kepada kita saat sedang kepanasan. Banyak sekali brand yang memproduksi kipas angin dan menjualnya dengan harga ratusan ribu, namun pada kali ini kita akan mencoba cara membuat kipas angin.

Bagaimana cara membuat kipas angin? untuk membuat kipas angin dibutuhkan dinamo dan aliran listrik yang membuat dinamo bergerak. Aliran listrik tersebut bisa menggunakan baterai.

Baca juga: Panduan Remote AC Daikin

Cara Membuat Kipas Angin

Dalam cara membuat kipas angin kali ini saya memiliki beberapa cara untuk membuatnya yang bisa dipilih oleh teman-teman untuk memilih cara mana yang paling mudah dan efisien.

Pada kesempatan ini kita akan melakukan cara membuat kipas angin portable yang bisa dibawa kemanapun dan kapanpun sehingga bersifat efektif dan efesien karena membantu kamu mengurangi rasa gerah.

Cara Membuat Kipas Angin dari Dinamo

 

Untuk pertama kita akan mencoba melakukan cara membuat kipas angin dari dinamo yang tentunya bersifat portable. Tidak hanya portable namun efisien karena menggunakan bahan dan alat sederhana yang bisa di dapatkan dengan mudah.

Sebelum melanjutkan kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dulu, bahan-bahan terseut adalah baling-baling, saklar yang bisa dibeli di toko listrik, baterai type AA yang sudah disambungkan dengan lempengan logam yang bisa dibeli melalui toko online, dinamo, kabel dan kardus.

Setelah bahan dan alat siap mari kita masuk ke tutorial cara membuat kipas angin dari dinamo. Oh iya saya lupa, dalam cara membuat kipas angin sederhana kita membutuhkan sebuah cutter untuk memotong kardus.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat kipas angin dari dinamo adalah membuat kardus sama sisi lalu dibentuk seperti lambang medis, setelah tekuk lalu tempelkan menggunakan lem tembak hingga membentuk persegi seperti gambar ketiga
  2. Setelah membuat persegi langkah selanjutnya adalah melubangi kotak yang sudah dibuat pada bagian bawah untuk menjadi tempat saklar

     

  3. Sekarang kita akan membuat tabung sebagai penyangga dinamo agar bisa berdiri dibagian atas untuk memutar baling-baling, caranya potonglah kardus menjadi persegi panjang lalu giling agar menjadi tabung dan jangan lupa beri lem, untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah
  4.  
     

    Langkah selanjutnya dalam cara membuat kipas angin portable adalah menyambungkan kabel warna hitam dan merah ke dinamo menggunakan solder agar terhubung dengan kuat

     

  5. Langkah untuk cara membuat kipas angin dari kertas kardus selanjutnya adalah memasukan kabel tadi ke dalam tabung hingga tembus kebawah, lalu dinamo bagian diatas ditempelkan pada kardus menggunakan lem tembak
  6. Setelah selesai memaasangkan dinamo kepada tabung, sekarang lubangi kotak bagian tengah yang pertama kita buat untuk memasukan kabel dari tabung tersebut, lalu tempelkan tabung dengan kotak menggunakan lem, untuk lebih mudah dipahami lihat gambar berikut

     

  7. Cara membuat kipas angin dari dinamo tinggal sebentar lagi, selanjutnya sambungkan kabel merah dengan tembaga saklar, lalu untuk kabel hitam disambungkan ke baterai type AA bagian atas yang sudah diberi tembaga penyambung, lalu buat lagi satu kabel dan sambung dari baterai bagian bawah ke saklar
  8. Terakhir susun baterai hingga masuk ke kotak yang pertama dibuat lalu tutup . . .
    . . . menggunakan kardus agar terlihat rapih
  9. Sambungkan baling-baling ke dinamo
Nah begtiulah cara membuat kipas angin dari dinamo, untuk menyalakan dan mematikan kipas cukup menekan saklar yang berwarna merah. Mungkin teman-teman akan sedikit bingung pada poin nomor 7, supaya lebih mudah bisa melihat topologinya sebagai berikut.

 

Cara Membuat Kipas Angin Tanpa Listrik dan Baterai

Jika dalam pikiran kamu menggunakan dinamo dan baterai terlalu membuang-buang uang maka cara membuat kipas angin tanpa listrik dan baterai akan sangat cocok untuk teman-teman karena sifatnya yang efisien.

Baca juga: Fungsi Tombol Remote AC Gree

Mengapa efisien? karena dalam pembuatannya kita tidak perlu membeli barang apapun, bisa menggunakan barang bekas yang mudah didapat di lingkungan sekitar, berikut adalah alat dan bahannya.

  • Kaleng bekas
  • 7-10 buah karet (sesuaikan saja dengan selera)
  • 2 buah tutup botol
  • Botol
  • Kawat atau lainnya
Setelah alat dan bahan sudah siap mari kita lakukan cara membuat kipas angin tanpa listrik dan baterai dengan menggunakan karet sebagai penggerak baling-baling untuk menghasilkan angin.
  1. Lubangi kaleng bagian bawah menggunakan cutter atau gunting
     
  2. Cara membuat kipas angin tanpa listrik dan baterai selanjutnya adalah dengan cara melubangi 2 tutup botol untuk memasukan karet, setelah terlubangi masukan karet ke tutup botol dengan bantuan kawat, lalu masukan kawat untuk mengganjal karet supaya tidak keluar

                         

  3. Selanjutnya masukan lagi karet bagian bawah ke tutup botol satunya yang sudah dilubangi sehingga akan jadi seperti gambar dibawah ini

     

                                  

  4. Masukan karet yang keluar dari tutup botol ke kaleng, lalu kaitkan karet tersebut ke tutup kaleng. Lalu akan jadi seperti pada gambar dua

     

  5. Jika sudah seperti itu sekarang kita akan membuat baling-baling menggunakan botol bagian depan dengan cara mengguntingnya hingga membentuk seperti baling-baling. Jika sudah jadi langsung saja sambungkan ke tutup botol pada kaleng
  6. Kuatkan pengganjal karet yang menggunakan kawat tadi dengan lem supaya pada saat kipas diputar tidak akan lepas
  7. Sampai disini cara membuat kipas angin sederhana sudah selesai, coba kalian putar kaleng dan tahan tutup botol, jika karet sudah terasa kuat silahkan lepas maka baling-baling akan berputar

Itulah cara membuat kipas angin tanpa listrik dan baterai yang bisa membuat keuangan kamu tetap terjaga, kelemahan dari cara membuat kipas angin portable yang satu ini adalah kamu harus memutar kembali kaleng agar kipas dapat berputar.

Agarbaling-baling dapat berputar dengan lama, kamu bisa menggunakan lebih banyak karet pada saat awal pemasangan. Dengan cara tersebut insyaallah kipas akan menyala dengan lama.

Apabila teman-teman ingin melakukan cara membuat kipas angin ac bisa menggunakan es batu pada bagian belakang kipas, namun hal ini harus dipraktekan menggunakan kipas berbahan besi supaya es batur dapat digantungkan.

Selain kipas angin portable portable yang telah kita buat, ada pula cara membuat kipas angin dari usb. Namun ternyata sudah banyak penjual yang menjual kipas angin usb, dan untuk menyalakannya dibutuhka port usb seperti powerbank atau laptop.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara membuat kipas angin, semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Indrawansyah Seorang yang memiliki kepribadian menyendiri tanpa mengetahui dunia luar dan hanya memiliki teman online saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *