Indrawansyah Seorang yang memiliki kepribadian menyendiri tanpa mengetahui dunia luar dan hanya memiliki teman online saja.

Penggunaan Warp Stabilizer Untuk Menstabilkan Video Di Adobe Premiere

1 min read

Bomklik – Warp stabilizer adalah sebuah fitur yang disediakan oleh aplikasi editing video yaitu adobe premiere pro yang berfungsi untuk menstabilkan video yang kamu buat. Misalnya seperti kamu merekam video menggunakan smartphone yang menghasilkan video kurang bagus karena terlalu banyak goyangannya atau tidak stabil.

Walaupun video yang kamu hasilkan tidak stabil atau goyang-goyang karena memegang secara langsung kamera tanpa menggunakan alat apapun, tetapi dengan warp stabilizer tetap dapat distabilkan.

Untuk melakukan hal tersebut kamu perlu memiliki software adobe premiere pro yang bisa didapatkan di google. Jika sudah menginstall mari kita coba cara menstabilkan video di adobe premiere.

Baca juga: Cara Cheat Free Fire Diamond Versi Terbaru 2020

Warp Stabilizer

Cara menggunakan warp stabilizer sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyeret efek tersebut ke dalam video yang sedang diedit, setelah itu ia akan melakukan proses penyetabilan dengan sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial berikut.

  1. Buka aplikasi adobe premiere pro
  2. Buatlah project baru atau bisa melanjutkan project yang sedang dikerjakan
  3. Klik video yang terdapat pada timeline
  4. Masuk ke menu effect
  5. Lalu pada kolom pencarian tulis “warp stabilizer” tanpa tanda kutip
  6. Drag effect tersebut dan drop pada video yang sudah di klik sebelumnya
  7. Selesai
Penggunaan Warp Stabilizer Untuk Menstabilkan Video Di Adobe Premiere

Setelah itu ia akan melakukan proses, proses tersebut bisa dilihat pada gambar diatas yang sedang melalukan analyzing. Jika proses telah setelah text berwarna biru tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Namun ada saja masalah saat melakukan stabilisasi pada video menggunakaan adobe premiere, . . .

. . . yang paling sering muncul adalah masalah tidak bisa melalukan stabilizer dab muncul keterangan “warp stabilizer requires clip dimensions to match sequence”

Untuk mengatasi hal tersbeut sangatlah mudah, namun sangat banyak orang yang kebingungan mengetasinya. Nah teman-teman hanya perlu melakukan nest pada clip video yang tidak bisa ditambahkan effek warp stabilizer.

Nest bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada clip video yang akan diberi effeck lalu pilih nest, beri nama pada kolom untuk atau biarkan default saja lalu klik ok. Dengan melakukan nest kamu sudah bisa menambahkan effek tanpa muncul keterangan warp stabilizer requires clip dimensions to match sequence.

Penggunaan Warp Stabilizer Untuk Menstabilkan Video Di Adobe Premiere

Kekurangan Warp Stabilizer

Dalam penggunaan effek ini ada kekurangan yang kamu dapatkan namun tidak terlalu berpengaruh karena tampilan tetap terlihat baik, berikut ini adalah kekurangan dalam cara menstabilkan video di adobe premiere pro.

  • Video akan terlihat lebih besar, dalam menggunakan effek ini video akan dizoom untuk menghaluskan goyangan yang ada sehingga apabila kamu merekam terlalu dekat maka hasilnya akan lebih dekat lagi.
  • Effek ini tidak akan berfungsi jika video yang kamu buat terlalu banyak goyangan, namun bisa mengurangi sedikit gerakan yang ada.
  • Jika menggunakan effek stabilizer namun ingin menggunakan effek lain juga kamu harus melalukan nest seperti yang sudah saya jelaskan.

Seperti yang sudah saya katakan bahwa kekurangan yang didapat tidak terlalu berpengaruh karena video yang sedang kita buat akan terlihat lebih bagus lagi. Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai warp stabilizer, semoga dapat bermanfaat.

Indrawansyah Seorang yang memiliki kepribadian menyendiri tanpa mengetahui dunia luar dan hanya memiliki teman online saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *